KABAR MEDAN

Polisi ringkus 4 tersangka kasus perampokan 20 ton kayu manis

fokusmedan : Empat tersangka kasus perampokan 20 ton kayu manis yang diangkut dengan truk di Jalan Asrama Medan (6/2) lalu dibekuk Tim Pegasus Unit Pidum Sat Reskrim Polrestabes Medan.

Para tersangka ini berinisial HAJ (pemilik gudang), D (pekerja gudang), R dan S yang keduanya bertugas sebagai agen. Sedangkan dua tersangka lain berinisial N dan B masih buron.

Selain mengamankan tersangka, barang bukti yang diamankan berupa 1 truk Fuso berikut gandengan dan konteiner L 8134 XI, 1 mobil Avanza, 472 goni kayu manis (11.800 Kg), 3 lembar siping/segel barang, 1 lembar bon faktur penerimaan barang dan 3 HP.

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto didampingi Kasat Reskrim Polrestabes Medan, AKBP Putu Yudha Prawira menyampaikan, kejadian bermula ketika truk yang dikemudikan Endri Suswedi dan kernet Mardiansyah dari gudang PT Darin Indo Utama Jalan Sei Mencirim menuju Belawan dengan muatan 800 goni dengan berat 20 ton kulit kayu manis yang akan dikrim ke Jerman dirampok sejumlah OTK.

“Saat melintas di Jalan Asrama, sekelompok OTK yang menggunakan satu unit mobil Avanza merampok truk tersebut,” sebut Dadang kepada fokusmedan.com, Senin (11/2).

Usai melakukan aksinya, sopir dan kernet truk disekap lalu dilakban di dalam mobil pelaku dan dibuang di kawasan Pantai Cermin, Serdang Bedagai.

Beruntung, sopir dan kernet dapat melepaskan ikatan tersebut, langsung menghubungi pihak keluarga agar memberi tahu pihak angkutan, bahwa truk berisi kayu manis yang mereka bawa dirampok.

“Selanjutnya oleh pihak pengangkutan dan pemilik barang langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polrestabes Medan,” ungkapnya.

Setelah menerima laporan, Jumat (8/2) lalu, pihaknya mendapatkan informasi bahwa barang yang diduga kulit kayu manis hasil curian tersebut berada di pergudangan milik tersangka HAJ.

Tim yang melakukan pengecekan kemudian melakukan penggerebekan dan mendapati barang milik korban.

“Pemilik gudang dan seorang pekerja serta dua agen  yang menawarkan kayu manis kepada Haji Adnan berikut barang bukti 472 goni kulit kayu manis langsung diamankan,” katanya.

Berdasarkan hasil interogasi terhadap R diketahui yang bersangkutan menerima tawaran barang dari N dan S. Dihari yang sama sekitar pukul 12.00 WIB, Surya berhasil diamankan di SPBU Km 12 Medan-Binjai.

“S menerangkan bahwa dirinya dan N diperintahkan seseorang berinisial B (diduga tersangka utama) untuk menjual barang bukti tersebut. Dari S tim mengamankan 1 unit Avanza yang diakuinya milik B yang dipinjamkan kepadanya untuk mengambil uang penjualan kayu manis ke gudang H Adnan,” sebutnya.

Tersangka HAJ sendiri mengaku memperoleh 472 goni kulit kayu manis dari agen bernama D dan R serta memerintahkan D untuk menimbang dan mencatat jumlah barang yang diantar ke gudang miliknya.

“Tersangka HAJ dan D dipersangkakan Pasal 480 KUHPidana tentang penadah barang curian dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara. Sementara tersangka R dan S dikenakan Pasal 365 KUHPidana dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun penjara,” tandasnya.(riz)