Kam. Okt 17th, 2019

Polisi Sebut Dosen IPB Cs Ingin Ledakkan Bom Jelang Pelantikan Presiden

fokusmedan : Polda Metro Jaya hingga kini terus melakukan pemeriksaan terhadap Dosen IPB, Abdul Basith alias AB. Dari pemeriksaan, Basith yang merupakan tersangka pemasok bom molotov itu merencanakan meledakkan beberapa titik di Jakarta menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden, Joko Widodo (Jokowi) – Ma’ruf Amin.

“Mereka berencana akan meledakkan bom-bom tersebut di sepanjang Grogol sampai dengan Roxy (Jakarta Barat),” kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Suyudi Ario Seto saat dikonfirmasi, Selasa (8/10).

Kendati demikian, mantan Kapolres Jakarta Pusat ini tak memberitahukan titik-titik mana saja yang jadi target. “Titiknya tidak spesifik seperti itu,” kata Suyudi.

Selain itu, Suyudi menambahkan, dari beberapa tersangka yang diamankan menyebutkan berencana melakukan kerusuhan dengan maksud menurunkan Presiden Jokowi.

“(Tujuan mereka) Menurunkan presiden dengan isu karhutla dan revisi UU KPK dan terakhir target utama mereka membatalkan pelantikan presiden,” pungkas Suyudi.

Sebelumnya, dikutip dari merdeka.com, polisi telah menetapkan dosen IPB University berinisial AB dan sejumlah rekan lainnya sebagai tersangka pemasok bom molotov untuk aksi mujahid 212. AB sendiri berperan sebagai pemasok bom molotov untuk aksi Mujahid 212 pada Sabtu 29 September 2019 lalu.

AB merekrut pelaku lain berinisial S alias L, untuk memproduksi bom molotov. Selain itu, pelaku lain juga direkrut berinisial OS dengan tugas mencari dana untuk eksekutor di lapangan.(yaya)