Jum. Jul 19th, 2019

Polisi tangkap tersangka pembakar Alquran di Langkat

fokusmedan : Seorang tersangka pembakar dan pengrusakan Al-Quran di Taman Pendidikan Quran (TPQ) Mujahid Generasi Alquran di belakang Masjid Nurul Huda, Kelurahan Payamabar, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, Senin (24/12/) lalu diringkus petugas kepolisian.

Hal itu disampaikan Kabid Humas Polda Sumatera Utara, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja kepada fokusmedan.com, Jumat, (28/12).

Dikatakan Tatan, pelaku tersebut berinisial Z (39) warga Jalan Listrik Lingkungan IX, Kelurahan Pekan Besitang, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat.

“Tersangkanya sudah diringkus berdasarkan informasi dari warga,” sebutnya.

Berdasarkan pengakuan tersangka, Al-Quran yang dibakarnya tersebut sudah rusak dan sebagian isi dalamnya juga sudah ada yang koyak.

“Alasan pelaku, Alquran dibakar karena Al-Quran tersebut sudah rusak,” ujarnya.

Namun, polisi tidak percaya dengan alasan tersangka dan masih terus melakukan pendalaman apakah ada motif lain dibalik tindakannya tersebut.

“Kami masih melakukan pendalaman lagi untuk mengetahui kasus ini,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga sudah mengambil langkah-langkah berupa mengamankan barang bukti, mengambil keterangan saksi dan koordinasi dengan instansi terkait.

“Masih kita selidiki apakah ada keterlibatan tersangka lain akan kita kabari secepatnya. Sejauh ini tersangkanya baru satu, anggota juga masih melakukan pengembangan,” tandasnya.

Sebelumnya, sebanyak 20 eksemplar kitab suci Al-Quran ditemukan dengan kondisi terbakar oleh warga di Taman Pendidikan Quran (TPQ) Mujahid Generasi Al-Quran, Stabat, pada Senin (24/12) lalu.(riz)