NASIONAL

Presiden China Xi Jinping dukung kesepakatan nuklir Iran

fokusmedan : Jelang pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, yang akan dilaksanakan esok hari, Selasa (12/6).

Presiden Cina Xi Jinping bertemu dengan Presiden Iran Hassan Rouhani dalam pertemuan keamanan regional di kota Qingdao Cina timur yang juga termasuk Rusia dan bekas Republik Soviet. Pertemuan itu menyerukan soal kesepakatan nuklir Iran yang harus dijalankan sesuai perjanjian, dilansir dari laman Channel News Asia, Senin (11/6).

Menurut kantor berita Xinhua, Xi menggambarkan kesepakatan itu sebagai ‘hasil penting multilateralisme. Menjaga perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah dan dunia.

Menanggapi hal itu, Rouhani berharap China dapat memainkan peran positif dalam menangani masalah yang relevan dengan tepat.

Diketahui bahwa Presiden AS Donald Trump telah memutuskan untuk mundur dari kesepakatan nuklir Iran yang dibuat tahun 2015, dan memberlakukan kembali sanksi internasional kepada Iran.

Dikutip dari merdeka.com, pihak-pihak yang terikat dalam kesepakatan Rencana Aksi Bersama Komprehensif (JCPOA) nuklir Iran, yakni Inggris, Prancis, Jerman, Cina dan Rusia telah bersumpah untuk tetap dalam kesepakatan. Walau berisiko berimbas terkena sanksi pada perusahaan di negara mereka.(yaya)