Presiden Jokowi pastikan hadir di puncak Pesta Bolon PSBI 8 Juli mendatang

fokusmedan : Ketua Umum Punguan Simbolon Boruna Indonesia (PSBI) Dr Effendi MS Simbolon, memimpin acara Martonggo Raja, yang merupakan bagian dari acara Pesta Horja di Pesta Bolon Simbolon, di GOR Sumantri Brojonegoro, Kuningan Jakarta Selatan, Minggu (4/6/2017).

Martonggo Raja yaitu acara membagi tugas kepada seluruh keluarga besar Simbolon dan Tulang Limbong Mulana, Anggi Doli Tamba Tua, Saragi Tua dan Munthe Tua serta Boru Sihabolonan Silalahi Raja untuk menyambut Pesta Bolon Simbolon yang puncaknya akan digelar pada 8 Juli 2017. Event ini merupakan pesta adat syukur kepada Tuhan YME.

“Ini merupakan salah satu rangkaian Pesta Bolon Simbolon yang digelar setiap 5 tahun sekali dan telah digelar sejak Januari lalu,” terang Effendi MS Simbolon.

Menurutnya, dalam kegiatan Martonggo Raja ini diselingi dengan acara simulasi di GOR Sumantri Brojonegoro, Kuningan Jakarta Selatan untuk merasakan secara langsung kondisi lapangan tempat diselenggarakannya Pesta Horja, Juli nanti. Dipastikan Presiden Jokowi dan sejumlah menteri kabinet kerja akan hadir dan memeriahkan puncak acara PSBI tersebut.

“Tim adat menjelaskan prosesi acara Mangalahat Horbo dari awal sampai akhir. Panitia juga menjelaskan prosesi saat Bapak Presiden RI dan Ibu Iriana hadir,’ kata Effendi dslam rilisnya yang diterima fokusmedan.com, Senin.

Selain bentuk kepedulian atas pelestarian adat istiadat Suku Batak, gelaran Pesta Bolon tahun ini sekaligus menyambut pelaksanaan Kongres III PSBI.

Dalam kongres ketiga ini, lanjut dia, PSBI akan kembali memilih ketua umum baru periode 2017-2022. Untuk memeriahkan Kongres III PSBI, Pesta Bolon telah menjadi tradisi organisasi, sekaligus pengungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Effendi menjelaskan, keluarga besar Simbolon yang hadir di Pesta Bolon 2017 ini diperkirakan lebih dari 50.000 orang.

“Ini organisasi kekeluargaan. Tidak terkait dengan arus politik manapun. Tapi, kami berkomitmen untuk membawa manfaat besar untuk bangga dan negara,” tandasnya.

Dalam Pesta Bolon ini akan dilaksanakan berbagai perlombaan, mulai dari perlombaan olahraga hingga lomba tari adat Batak.

Menurut dia, pertandingan yang akan digelar pada acara ini di antaranya sepakbola, bola voli, catur dan lari. Selain itu, ada lomba festival seni dan budaya, di antaranya lomba paduan suara, lomba vokal group Batak, lomba vokal solo anak, lomba cipta lagu Batak, Opera Batak, Lawak Batak, pameran, bazaar, lomba foto, lomba mewarnai dan kegiatan donor darah.

Pesta itu dilaksanakan untuk melestarikan nilai-nilai masyarakat adat Batak yang diwariskan oleh leluhur marga Simbolon.(ril)