Ming. Agu 25th, 2019

Reaksi Maskapai Dunia Terkait Jatuhnya Pesawat Boeing 737 Max 8

fokusmedan : Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan telah mengeluarkan pernyataan larangan terbang sementara bagi pesawat Boeing 737 Max 8. Hal ini menyusul jatuhnya Ethiopian Airlines yang menggunakan jenis pesawat yang sama dengan Lion Air JT 610 yang jatuh pada Oktober 2018 lalu.

Tak hanya di Indonesia, China telah lebih dulu mengeluarkan larangan terbang tersebut. Keputusan kedua negara ini dinilai akan memberi pengaruh terhadap negara lain untuk ikut melarang penerbangan pesawat tersebut.

Dilansir Bloomberg, berikut reaksi industri penerbangan di seluruh dunia yang menggunakan Boeing 737 Max 8, terkait kecelakaan ini.

1. Southwest Airlines mengatakan, maskapai penerbangan bertarif rendah Amerika yang berbasis di Dallas, Texas itu percaya diri dalam keselamatan armadanya, termasuk 34 pesawat Boeing 737 Max 8.

2. American Airlines akan memonitor investigasi melalui Boeing dan National Transportation Safety Board (NTSB).

3. Singapore Airlines terus memantau situasi, agar penerbangan Boeing 737 Max 8 yang dioperasikan oleh anak usahanya, yakni SilkAir terbang sesuai jadwal.

4. Maskapai penerbangan Islandia, Icelandair mengatakan kecelakaan tersebut tidak memiliki masalah dengan tiga pesawat Boeing 737 Max 8 miliknya.

5. Korean Air masih memantau situasi sambil menunggu pengiriman pesawat pertamanya sampai di April mendatang.

6. Cayman Airways melarang penerbangan kedua pesawat Boeing 737 Max 8 miliknya.

7. Berbeda dengan Indonesia dan China, Thailand saat ini tidak memiliki rencana untuk melarang penerbangan pesawat Boeing 737 Max 8.

8. Maskapai Flydubai masih memonitor perkembangan terkait pesawat Boeing 737 Max 8