NASIONAL

Ribuan nelayan tradisional sweeping kapal pukat trawl di perairan Serdang Bedagai

fokusmedan : Ribuan nelayan tradisional dengan menggunakan sampan melakukan sweeping dan menghadang kapal pukat trawl yang beroperasi di pesisir pantai Serdang Bedagai, Sumut, Kamis (21/3).

Pantauan fokusmedan.com, para nelayan ini beramai-ramai menghadang kapal pukat trawl karena kesal dengan aparat keamanan laut yang tidak bertindak tegas menindak keberadaan mereka.

Menurut para nelayan, keberadaan kapal pukat trawl ini dinilai merusak dan ekosistem pantai dan mematikan mata pencarian para nelayan tradisional.

Meski sudah mempersiapkan peralatan untuk membakar kapal pukat trawl, bamun aksi para nelayan dapat diredam aparat gabungan Bakamla, KPLP dan Satpol Air Polres Serdang Bedagai.

Zulham Hasibuan, selaku kordinator aksi mengatakan, para nelayan melakukan sweeping karena kesal atas kinerja aparat keamanan laut yang tidak mampu mencegah aksi perusakan terus menerus terhadap ekosistem laut di pesisir pantai Serdang Bedagai.

Kasatpol Air Polres Serdang Bedagai, Iptu C Situmorang menyebutkan, pihaknya melakukan pengawalan untuk mencegah aksi anarkis para nelayan.

“Kami mengawal dan mencoba mediasi dengan para nelayan agar tidak bertindak anarkis dalam aksinya,” tandasnya.(putra)