Jum. Des 13th, 2019

RSUD dr Pirngadi minta ditiadakan rujukan berjenjang

fokusmedan : Menginjak usia ke 91 tahun, RSUD dr Pirngadi Medan terus berbenah dalam meningkatkan pelayanannya.

Hal itu disampaikan Kassubag Hukum dan Humas RSUD dr Pirngadi Medan Edison Peranginangin kepada fokusmedan.com, Senin (12/8).

Sejumlah pembenahan itu dilakukan dengan cara mendorong kelengkapan alat-alat kesehatan untuk memberikan layanan yang terbaik kepada pasien.

“Pirngadi kan sudah berbenah dengan adanya bantuan peralatan dari dana APBN. Sejauh ini CT Scan sudah ada, begitu juga endoscopy dan kolonoskopi serta lainnya,” sebutnya.

Ia berharap, RSUD dr Pirngadi dapat menerima rujukan pasien secara langsung dari Puskesmas tanpa harus melalui mekanisme berjenjang.

Terlebih lagi, sebagai rumah sakit pendidikan yang juga diperkuat dengan peraturan pemerintah (PP) No 93 tahun 2015, rumah sakit milik Pemko Medan ini harusnya bisa melakukannya.

“Karena rumah sakit pendidikan kan juga untuk menempa siswa kedokteran menjadi profesional. Jadi kalau bisa, Kemenkes bisa memperhatikan itu, jangan rumah sakit pendidikan disamakan dengan rumah sakit yang biasa,” jelasnya.

Selain itu, Edison juga mengaku, untuk memudahkan pelayanan bagi pasien, RSUD dr Pirngadi Medan juga telah memperbaharui tempat pendaftaran pasien (TPP) di Instalasi Gawat Darurat (IGD). Hal ini kata dia dilakukan untuk memudahkan rujukan pasien baik dari Puskesmas maupun rumah sakit lainnya.

“Jadi sistem online. Kan BPJS sudah menerapkan Pcare dan Sisrute (sistem informasi rujukan terintegrasi). Memang dulu sudah ada, tapi ini diperbaharui kembali,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution menyampaikan, di usianya yang ke 91 tahun, RSUD dr Pirngadi diharapkan menjadi rumah sakit unggul yang dipercaya mutu dan kualitas pelayanannya. Sebab menurutnya, hal ini tentu akan berdampak pada nama baik Kota Medan.

“Kami berharap segenap jajaran RSUD dr Pirngadi dapat lebih meningkatkan mutu dan kualitas pelayanannya. Selain itu juga, senantiasa melakukan evaluasi agar dapat mengetahui segala kekurangan yang ada, sehingga dapat membenahinya menjadi lebih baik,” ujarnya saat menjadi inspektur upacara HUT RSUD dr Pirngadi.

Namun Akhyar menilai, sejauh ini RSUD dr Pirngadi Medan sudah banyak memiliki kemajuan, baik dari segi pelayanan, tenaga medis, serta juga peralatan. Oleh karenanya ia mengaku bersyukur, karena perkembangan RSUD dr Pirngadi kini sudah semakin baik.

“Hal ini menyangkut marwah dan nama baik Kota Medan. Untuk itu, sinergitas sangat dibutuhkan dari kita semua agar dapat menumbuh kembangkan RSUD dr Pirngadi. lni adalah tanggung jawab kita bersama untuk meningkatkan kapasitas dan kualitasnya,” tandasnya.(riz)