EKONOMI & BISNIS

Rupiah bergerak melemah ke level Rp 13.338 per USD

fokusmedan : Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) bergerak melemah di perdagangan hari ini, Senin (15/1). Rupiah pagi tadi dibuka di Rp 13.319 atau tercatat menguat dibanding penutupan perdagangan sebelumnya yaitu Rp 13.353 per USD.

Mengutip data Bloomberg, Rupiah langsung melemah usai pembukaan. Saat ini, nilai tukar melemah ke level Rp 13.338 per USD.

Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bersama pemerintah telah menyepakati Rancangan Undang Undang (RUU) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018. Salah satu substansi yang ditetapkan pada rapat tersebut adalah nilai tukar Rupiah sebesar Rp 13.400 per USD.

Nilai tukar ini menguat dibanding R-APBN 2018 sebesar Rp 13.500 per USD. Namun angka ini justru stagnan jika dibandingkan APBN-Perubahan 2017.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Suahasil Nazara dikutip dari merdeka.com mengatakan, menguatnya patokan nilai tukar Rupiah ini dipengaruhi oleh kinerja perekonomian nasional yang relatif baik. Hal itu dilihat dari akselerasi proyek infrastruktur, keberhasilan program pengampunan pajak (Tax Amnesty), dan terjaganya tingkat inflasi.

“Juga positifnya neraca pembayaran, terkendalinya defisit transaksi berjalan, dan kuatnya cadangan devisa,” kata Suahasil di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (25/10).(yaya)