Uncategorized

Satelit Merah Putih siap meluncur, Dirut Telkom mohon doa

fokusmedan : Satelit Merah Putih milik Telkom Indonesia akan segera diluncurkan hari ini, Selasa (7/8). Satelit ini diluncurkan dari SpaceX, Cape Canaveral, Air Force Station, Florida, Amerika Serikat.

Direktur Utama Telkom Indonesia, Alex J. Sinaga meminta dukungan masyarakat Indonesia agar peluncuran satelit Merah Putih atau Telkom 4 ini berjalan lancar sesuai dengan rencana.

“Sebentar lagi kita akan meluncurkan satelit Merah Putih. Mohon doa dan dukungannya. Terima kasih kepada semua pihak juga,” ungkapnya saat live streaming detik-detik peluncuran satelit Merah Putih di Florida, Amerika Serikat.

Satelit Merah Putih ini akan dibawa dengan roket Falcon 9. Nantinya, satelit tersebut akan menempati slot orbitnya 108 derajat Bujur Timur (108 BT) atau di atas selat Karimata.

Dari sisi teknisnya, satelit Merah Putih membawa 60 transponder aktif yang terdiri dari 24 transponder C-Band dan 12 transponder Extended C-Band yang akan melayani wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia, serta 24 transponder C-Band yang akan menjangkau kawasan Asia Selatan. Satelit ini mengandalkan platform SSL 1300 dengan usia desain 16 tahun.

Pembangunan Satelit Merah Putih melibatkan 2 perusahaan Amerika Serikat, yakni SSL sebagai pabrikan pembuat satelit serta SpaceX sebagai perusahaan penyedia jasa peluncuran satelit.

SSL adalah manufaktur satelit yang ternama dan berhasil menuntaskan pembangunan Satelit Merah Putih lebih cepat dari jadwal. Selanjutnya dikutip dari merdeka.com, Satelit Merah Putih akan diluncurkan menuju slot orbitnya menggunakan Roket Falcon 9 milik SpaceX.(yaya)