GAYA HIDUP

Selain Kaya Protein, Tahu dan Tempe Ternyata Bisa Bantu Jaga Kesehatan Jantung

fokusmedan : Makanan berbahan dasar kedelai seperti tempe dan tahu merupakan salah satu makanan paling mudah dijumpai di Indonesia. Selain karena rasanya yang lezat, makanan ini juga mengandung protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Namun selain karena kandungan proteinnya yang tinggi, sebuah penelitian membuktikan bahwa makanan ini juga rendah kolesterol. Dilansir dari Medical Xpresss, sebuah penelitian yang dilakukan St. Michael’s Hospital di Toronto menemukan manfaat ini.

Dari 46 percobaan yang dilakukan, sebanyak 41 percobaan melihat bagaimana efek protein pada kolesterol jahat yang bisa berujung pada penumpukan kolesterol di arteri. Sebanyak 43 percobaan menyediakan data mengenai jumlah kolesterol total.

Peneliti menemukan bahwa protein kedelai menurunkan kolesterol jahat dari tiga hingga empat persen pada orang dewasa. Jumlah ini memang kecil namun disebut Dr. David Jenkins, kepala penelitian tersebut sebagai jumlah yang cukup signifikan.

“Ketika seseorang mengganti daging yang tinggi lemak dan kolesterol dengan menu makanan yang melingkupi kedelai, penurunan kolesterol bakal lebih banyak lagi,” ungkap Dr. Jenkins.

“Data yang telah ada serta analisis kami menunjukkan bahwa protein kedelai berperan pada kesehatan jantung,” sambungnya.

Dikutip dari merdeka.com, sejumlah fakta menyehatkan ini membuktikan bahwa kedelai merupakan bahan makanan yang sangat cocok dikonsumsi di Indonesia. Harganya yang cukup murah serta segudang manfaat yang dimilikinya menjadikan makanan ini sebaiknya kamu konsumsi secara rutin.(yaya)