NASIONAL

Setop Sebar Informasi Hoaks di Media Sosial!

fokusmedan : Duta Anti-Hoaks Olga Lidya mengajak masyarakat tidak terburu-buru mempercayai informasi beredar di media sosial. Terlebih dengan memanasnya suhu politik menjelang Pemilihan Presiden 2019.

“Kita harus lebih bijaksana memikirkan ulang semua berita masuk. Pikirkan bahwa tidak semua yang disiarkan itu adalah kebenaran,” kata Olga dalam keterangannya, Selasa (8/1).

Menurutnya, sekarang ini berseliweran berita bohong dan ujaran kebencian di media sosial yang sangat provokatif. Untuk itu, dia meminta masyarakat bisa menahan diri agar tidak mudah terpancing hasutan baik di dunia maya ataupun di dunia nyata. Menurut dia, gesekan antarmasyarakat di dunia nyata menjadi rawan akibat provokasi kebencian di dunia maya.

“Kita harus berhati-hati dalam membaca berita yang dapat membuat kita takut, marah, benci, emosi. Mungkin perlu dicek lagi kebenaran berita itu. Jadi, masyarakat harus bisa menahan diri, jangan mudah terpancing,” pesannya.

Dikutip dari merrdeka.com, ia berharap para pegiat dunia maya untuk lebih aktif mengampanyekan Hari Bebas Kebencian (Hate Free Day) baik dengan membuat konten positif maupun senantiasa meneliti dan bijak dalam menerima informasi. Olga pada 2017, melakukan Deklarasi Masyarakat Anti Hoax di kawasan Car Free Day, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Ahad.

“Tidak usah ikut menyebar informasi yang dapat menghasut ataupun memecah-belah masyarakat,” tutur Olga.(yaya)