Uncategorized

Speedboat yang bawa TKI Malaysia tabrakan di Sebatik, 5 penumpang tewas

fokusmedan : Dua speedboat tabrakan di wilayah Sungai Nyamuk, Sebatik, Nunukan, Kalimantan Utara. Akibat kecelakaan tersebut, 2 penumpang kritis, 5 tewas dan sekitar 10 orang masih dalam pencarian tim SAR gabungan.

Keterangan diperoleh, peristiwa itu terjadi sekira pukul 19.00 Wita malam ini tadi. Speedboat membawa tenaga kerja indonesia (TKI), berlayar dari Tawau, Malaysia, menuju Sebatik di Nunukan.

Belum diketahui pasti sebab tabrakan di perbatasan perairan dengan negara tetangga itu. Belakangan, muncul speedboat dari arah berlawanan, hingga tabrakan tidak terhindarkan.

“Speedboat lain dari arah Sebatik,” kata Kasi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kaltim-Kaltara Octavianto, dalam penjelasan dia, Jumat (29/6) malam.

Juga belum diketahui pasti jumlah penumpang tiap speedboat. Namun pasckejadian, ada 7 orang korban yang ditemukan di perairan.

“Lima orang meninggal dunia, 2 orang kritis. Dugaan sementara, ada sekitar 17 orang penumpang. Korban yang sudah ditemukan dibawa ke Puskesmas terdekat,” ujar Octavianto.

Unsur SAR terdekat, menurut Octavianto, bergegas membantu proses evakuasi korban, menggunakan peralatan SAR. “Jam 11 malam ini, kami terima informasi dari koordinator pos SAR Nunukan bahwa 5 korban MD akan dibawa ke RSUD Nunukan melalui pelabuhan Blambana di PLBL (pos lintas batas laut),” terang Octavianto.

Dijelaskan juga, Basarnas bersama TNI AL bersama kapal patroli keamanan perairan laut, sudah diterjunkan ke lokasi untuk mencari korban lainnya. “Dari pos SAR Nunukan ke lokasi, berjarak tempuh sekitar 1,5 jam,” demikian Octavianto.

Dikutip dari merdeka.com, informasi terkini pukul 23.02 Wita, diduga seluruh penumpang 20 orang dengan rincian 17 dewasa dan 3 anak-anak. “Data pasti sedang kita konfirmasi manifesnya ke pihak Malaysia dan Syahbandar di Sungai Nyamuk,” demikian Octavianto.(yaya)