NASIONAL

Tanggapan Airlangga soal Titiek Soeharto siap maju jadi Caketum Golkar

fokusmedan : Nama Airlangga Hartanto paling kencang digadang-gadang menjadi ketum umum Partai Golkar menggantikan Setya Novanto. Trah Cendana, Siti Hediati Haryadi atau Titiek Soeharto juga siap maju memimpin partai beringin.

Muncul kekhawatiran Titiek akan membawa Golkar seperti era Orde Baru. Menanggapi isu itu Airlangga meyakini Golkar tak akan dibawa mundur seperti era Soeharto.

“Golkar itu sudah menjadi Partai Golkar pasca-reformasi. Jadi tentu Partai Golkar sekarang mengutamakan hal-hal sesudah reformasi dan Partai Golkar menjadi rujukan partai untuk menjalankan proses demokrasi tersebut,” ujar dia di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (10/13).

Hal sama pun diutarakan Ketua Gerakan Muda Partai Golkar (GMPG) Ahmad Doli Kurnia. Dengan munculnya Titiek dalam bursa calon ketum malah membuka ruang kader muda memperlajari kebesaran kepemimpinan Soeharto. Dia menilai hal ini harus disambut positif.

“Saya kira tidak. Itu positif, karena kita begini, bangsa ini kita sebagai anak muda mesti belajar banyak dari kepemimpinan sebelumnya,” ucap dia.

Kekhawatiran kembali ke masa lampau, kata Doli, tidak perlu dipusingkan. Sebab, dari segi zaman saja sudah berubah dan berbeda. Dikutip dari merdeka.com, Ia hanya melihat maksud Titiek adalah mengembalikan Golkar ke masa jayanya.

“Semangatnya dalam mengembalikan partai Golkar seperti dulu masa jayanya. Tentu situasinya dulu dengan sekarang kan tidak bisa disamakan. Langkah atau program atau teknisnya tidak bisa disamakan. Eranya sudah berbeda,” tandasnya.(yaya)