Tarif tol turun, Jasa Marga gabungkan golongan kendaraan

fokusmedan : Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani mengatakan pihaknya akan menggabungkan golongan kendaraan. Hal ini menyusul adanya rencana penurunan tarif tol untuk angkutan logistik.

“Kita berharap kan tujuannya tol untuk logistik nasional. Kalau pemain logistik, pengendara truk ini tidak masuk tol kan sayang. Jadi terutama yang berubah adalah golongan,” ujar dia di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Minggu (25/3/2018).

Nantinya, golongan 3, golongan 4 dan golongan 5 akan digabungkan menjadi satu golongan dan menjadi golongan 3. Dengan demikian, golongan kendaraan dalam penentuan tarif tol menjadi lebih sederhana, yaitu golongan 1, golongan 2 dan golongan 3.

“Dari sebelumnya golongan 1, 2, 3, 4, 5, menjadi 1, 2, 3. Jadi yang sebelumnya 3, 4, 5 menjadi satu, namanya golongan 3. Itu turun. Kalau golongan 1 relatif enggak berubah. Jadi diharapkan kendaraan besar masuk ke tol. Jadi golongan 1 tetap, golongan 2 tetap,” jelasnya.

Menurutnya, dikutip dari merdeka.com, penggabungan golongan ini akan berlaku untuk ruas tol baru dan akan beroperasi. Sementara ruas tol lama masih akan dilakukan kajian terlebih dulu.

“Sementara yang akan beroperasi. Mungkin bertahap. Kita belum tahu, finalnya mungkin sebelum hari Kamis ini (pekan depan),” tandasnya.(yaya)