Uncategorized

Taufiequrachman Ruki: Belakangan Banyak Yang Mengaku Pancasilais

fokusmedan : Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Taufiequrachman Ruki, hadir acara penyampaian aspirasi kepada Ketua MPR RI, tentang mengapa kita harus kembali ke UUD 1945. Dalam pidatonya, Ruki sempat menyinggung saat ini banyak orang mengaku Pancasilais.

“Belakangan dunia politik banyak beredar omongan, mengaku Pancasila, serta tuduhan terhadap kelompok yang tidak paham Pancasila, anti NKRI,” ucap Ruki di Gedung Nusantara IV DPR/MPR RI, Jakarta, Rabu (6/2).

Dia justru mempertanyakan kepada kelompok yang menuding tersebut. “Pancasila yang mana yang mereka maksudkan. Pahamkah mereka yang mengaku Pancasilais?” tanya Ruki.

Sebab menurutnya, sejak UUD 1945 diamandemen sampai tahun 2002, Pancasila sudah tidak lagi menjadi dasar falsafah negara.

“Dan tidak lagi menjadi sumber kebijakan, pemerintahan serta pengelola negara. Pancasila sudah dinyatakan hanya sebagai salah satu empat pilar kebangsaan. Bahkan, kalau mau jujur, sesungguhnya tidak ada fungsinya,” ungkap Ruki.

Dikutip dari merdeka.com, dia lantas mengkritik amandemen UUD yang membuat UUD 1945 kehilangan roh dan jiwanya.

“UUD 1945 yang merupakan tesis, acuan dasar dalam bernegara dan pemerintah, tahun 2002 sudah dibongkar total. Tidak tanggung-tanggung,” jelas dia.(yaya)