NASIONAL

Terkait dugaan money politic, caleg Gerindra Tanjung Balai diamankan

fokusmedan : Tim Gakkumdu Polres Tanjung Balai amankan seorang caleg Partai Gerindra bernama Joko Iskandar Matondang (34) dan timses-nya bernama Iswandi Matondang atas dugaan money politic.

Penangkapan keduanya dilakukan pada Selasa (16/4) sekitar pukul 20.00 WIB, atas dugaan money politic yang dilakukan oleh Joko sebagai caleg.

Kapolres Tanjung Balai AKBP Irfan Rifai menyampaikan, penangkapan ini dilakukan setelah pihaknya menerima informasi dari masyarakat terkait aksi money politic  yang diduga dilakukan caleg Partai Gerindra.

Menyikapi informasi tersebut, tim Gakkumdu Polres Tanjung Balai kemudian melakukan penyelidikan menemukan Iswadi sedang membawa bungkusan plastik warna hitam berisi kartu nama Caleg dan sejumlah uang di Jalan Jenderal Sudirman Km V, Kelurahan Sijambi, Tanjung Balai.

“Saat diperiksa, terdapat 16 lembar kartu nama atas nama Joko Iskandar caleg Gerindra, foto kopi KTP sebanyak 4 lembar serta Formulir C6 sebanyak 15 lembar. Selain itu juga ditemukan dikantong depan uang tunai sebesar Rp 2 juta,” sebutnya kepada fokusmedan.com, Rabu (17/4)

Ia menjelaskan, Iswadi mengaku bahwa uang tersebut memang diperolehnya dari Joko Iskandar di warung rokok miliknya di Jalan Jenderal Sudirman Km V untuk diserahkan kepada warga masyarakat yang memilih Joko sebagai caleg.

Kemudian tim melakukan pengembangan ke warung tersebut, dan menangkap Joko.

“Saat ditangkap, ditemukan 3 lembar kartu nama Caleg Partai Gerindra dan uang tunai Rp 100 ribu di dalam amplop warna putih yang sudah terbuka atau tersobek,” ucapnya.

Diakui Joko, dirinya memang menyuruh Iswadi untuk membagikan uang kepada masyarakat yang sudah mengumpulkan formulir C6 dan setiap orang diberikan uang sebesar Rp 50 ribu dengan total Rp 2 juta.

Selanjutnya kedua terduga beserta barang bukti dibawa ke kantor Bawaslu Kota Tanjung Balai dan bila terpenuhi unsur tindak pidana pemilu, maka segera diterbitkan laporan polisi dan proses sidik.(riz)