Tiga Helikopter TNI AU dikerahkan padamkan karhutla di Bengkalis

fokusmedan : Kebakaran hutan dalan lahan terjadi di Dusun Bukit Lengkung, Desa Tanjung Leban, Kecamatan Bandar Laksamana Kabupaten Bengkalis sejak beberapa hari belakangan. Satgas Udara dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru melakukan water bombing atau bom air di lokasi tersebut.

Kita melakukan water bombing di lokasi kebakaran lahan Desa Tanjung Lebam Bengkalis dengan 3 Helly, ujar Kepala Penerangan dan Perpustakaan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Mayor Sus Rizwar kepada merdeka.com, Minggu (18/6).

Sementara itu, dikutip dari merdeka.com, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinvi Riau Edwar Sanger mengatakan kebakaran lahan kali ini terjadi hanya di Kabupaten Bengkalis. Sedangkan di kabupaten lainnya saat ini masih dalam kondisi aman.

“Dari pantauan udara, daerah lainnya masih aman dari karhutla. Sedangkan di Desa Tanjung Lebam masih dalam pendinginan. Ada 3 helikopter yang melakukan bom air di lokasi tersebut,” ujar Edwar.

Selain tim satgas udara, pemadaman juga dibantu Satgas darat dengan 6 personel dari Kodim 0303 Bengkalis, 3 personel kepolisian, 8 orang Manggala Agni, 20 RPK dari PT SPM, 10 Masyarakat Peduli Api (MPA), dan 4 operator excavator.

“Untuk satgas darat, dalam melakukan pemadaman dilengkapi dengan peralatan, seperti mesin pompa air dan 4 unit mobil,” ucap Edwar.

Edwar mengatakan, pihaknya koordinasi dengan Satgas Darat dan Satgas Udara, serta BPBD kabupaten untuk terus monitor perkembangan adanya kebakaran hutan dan lahan.

Jadi petugas kita gilir untuk monitor perkembangan ada atau tidaknya lahan yang terbakar di Riau. Saat ini petugas stanby dan siap untuk melakukan pemadaman jika ada lahan terbakar,” pungkasnya.(yaya)

Comments are closed.