GAYA HIDUP

Tips Mudik Naik Bus Buat Ibu Hamil, Perjalanan Aman Hati Tenang

fokusmedan : Kehamilan bukanlah sebuah halangan untuk pulang kampung dan bertemu dengan keluarga tercinta. Perjalanan jarak jauh dengan kendaraan yang nyaman seperti bus tidak menjadi masalah buat ibu hamil untuk mudik nanti.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para bumil sebelum melakukan perjalanan mudik, khususnya kalau memilih bus sebagai moda transportasi pulang ke kampung halaman. Apa saja? Simak di sini yuk…

1. Beli Tiket Sejak Jauh Hari

Sudah bukan zamannya lagi beli tiket bus langsung di hari keberangkatan dan berdesak-desakan untuk mendapatkan kursi. Agar bumil nyaman dan santai, beli saja tiket bus di Traveloka. Cukup menggunakan aplikasi yang ada di ponsel, belinya bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Rute dan pilihan armada yang diberikan oleh Traveloka sangat beragam. Ibu tinggal memilih yang paling sesuai dengan budget dan tiket pun di tangan.

2. Pilih Tempat Duduk Paling Nyaman

Membeli tiket bus di Traveloka artinya Ibu bisa memilih tempat duduk yang nyaman. Traveloka hanya menyediakan tempat duduk di seat yang paling nyaman untuk penumpang. Ibu tinggal memilih seat yang dekat dengan lorong agar pergerakan kaki lebih luas dan badan pun bisa bergerak bebas.

Pemilihan tempat duduk buat Ibu hamil yang mudik ini penting. Karena selama perjalanan, Ibu hamil disarankan untuk melakukan peregangan sesekali. Jalan-jalan di lorong atau sekedar berdiri dan menggerakkan tubuh sudah menjadi peregangan yang cukup agar tubuh tidak terlalu lelah dan janin pun sehat.

3. Cek Kandungan Sebelum Berangkat

Pastikan berangkat mudik dalam kondisi tubuh dan kehamilan yang sehat. Konsultasikan dengan dokter, apakah kehamilan Ibu cukup kuat untuk melakukan perjalanan jarak jauh. Jika dokter atau bidan menyatakan bahwa Ibu bisa mudik, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan lagi.

4. Cukup Makan dan Minum Selama di Perjalanan

Selain cukup bergerak, Ibu hamil juga harus mendapatkan asupan makanan dan minuman yang cukup selama perjalanan. Hindari makanan yang mudah membuat perut bereaksi seperti pedas, asam dan mengandung banyak gas. Perbanyak serat dan air putih selama perjalanan. Dan jangan lupa membawa buah-buahan yang berserat sebagai cemilan selama perjalanan.

5. Ajak Si Kecil Berkomunikasi

Meski masih di dalam kandungan, janin sudah bisa diajak berkomunikasi lho. Bicarakan dengan dia, bahwa Ibu akan melakukan perjalanan jarak jauh untuk bertemu dengan keluarga. Ajak ia bekerjasama agar perjalanan jadi mudah dan tidak ada masalah.

Meski nampak mustahil, namun janin mengerti jika diajak berkomunikasi oleh ibunya. Dengan informasi yang sudah disampaikan dari awal, si kecil pasti akan lebih kooperatif selama perjalanan.

Tidak perlu panik ketika melakukan perjalanan mudik dengan bus meski sedang hamil. Tenang dan santai saja, apalagi kalau urusan beli tiket busnya sudah diserahkan ke Traveloka. Perjalanan aman, hati pun tenang.

Selamat mudik! (Jeremy)