Tuntaskan 4 masalah rambut dan kulit kepala cuma dengan minyak jarak

fokusmedan : Minyak jarak untuk merawat rambut? Sebenarnya sudah bukan hal aneh lagi, kok. Selama bertahun-tahun kita sudah menjumpai minyak tumbuhan ini di label kemasan produk-produk perawatan rambut, hanya saja dengan nama yang berbeda. Dunia kecantikan lebih mengenalnya dengan nama castor oil.

Apa saja khasiat castor oil alias minyak jarak dalam mengatasi masalah rambut? Berikut ini penjelasan selengkapnya, dilansir dari Boldsky.

Meningkatkan kesuburan rambut

Minyak jarak mengandung asam risinoleat dan asam lemak esensial Omega-6 yang mampu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Sirkulasi darah yang lancar penting untuk mendorong pertumbuhan rambut, karena menjadikan nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan kulit kepala dan akar rambut tersebar lebih baik.

Untuk mendapatkan khasiat penyubur, campurkan minyak kelapa dan minyak jarak dengan perbandingan yang sama. Gunakan untuk memijat kulit kepala selama 2 sampai 5 menit. Diamkan semalaman, kemudian keramas seperti biasa keesokan harinya.

Membasmi ketombe

Sifat anti-bakteri dan anti-jamur dalam minyak jarak sangat efektif untuk membasmi jamur penyebab ketombe. Jika digunakan untuk memijat kulit kepala, minyak ini juga mampu mengatasi rasa gatal yang sering menyertai ketombe.

Mengatasi rambut bercabang

Minyak jarak atau castor oil bisa juga dimanfaatkan sebagai perawatan untuk rambut bercabang. Gunakan castor oil sebagai masker rambut, diamkan selama semalaman, kemudian bilas keesokan harinya.

Sebagai kondisioner alami

Minyak jarak juga bisa menjadi kondisioner yang baik karena kaya akan pelembap alami. Setiap sehabis keramas, campurkan sedikit kondisioner dengan satu sendok teh minyak jarak. Usapkan pada bagian tengah hingga ujung rambut, diamkan selama 2 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Dikutip dari merdeka.com, inilah beberapa manfaat minyak jarak dalam mengatasi berbagai masalah rambut. Rawat rambut dengan bahan ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.(yaya)

Comments are closed.