Usung mesin turbo, Honda CR-V jadi FORWOT Car of The Year 2017

fokusmedan : Mobil sport utility vehicle (SUV), Honda CR-V, mengungguli empat finalis lainnya untuk keluar sebagai FORWOT Car of The Year 2017. Mobil Honda tersebut mendapatkan poin tertinggi dalam proses penilaian di tahap lima besar.

Dalam tahapan dengan menggunakan sistem poin itu, Honda CR-V memproleh skor tertinggi, yakni 149 poin. Model kedua dicapai oleh Suzuki Ignis (136 poin), Honda Civic Hatchback Turbo (132 poin), BMW i8 (125 poin), dan Hyundai Tucson (108 poin). Total poin dari 26 juri adalah 650.

Ke-26 juri ini merupakan jurnalis otomotif dari berbagai media nasional baik cetak maupun online. Mereka memberikan poin berdasarkan kriteria, seperti design, comfort, safety, economy, handling, performance, functionality, enviromental requirement, driver satisfaction, dan price. Selain itu, preferensi tinggi dari para anggota dewan juri terhadap mobil berdasarkan liputannya, seperti perkenalan produk, media test drive, dan lain-lain.

Yulian Karfili, PR PT Honda Prospect Motor, mengapresiasi penghargaan Honda CR-V sebagai mobil terbaik tahun ini pilihan Forum Wartawan Otomotif (FORWOT). Sebagai mobil baru, CR-V lansiran tahun ini menawarkan teknologi mesin bensin turbo di segmennya.

“Dengan menggunakan turbo, CR-V tahun ini memiliki kapasitas mesin lebih kecil tapi memiliki performa setara mesin besar. Kemampuan ini dapat diterima oleh konsumen otomotif di Indonesia, termasuk wartawan otomotif,” ujar Yulian yang mewakili manajemen menerima penghargaan FORWOT Car of the Year 2017 untuk Honda CR-V, pekan lalu.

Ketua Umum FORWOT, Indra Prabowo, menjelaskan tahun ini pertarungan merebutkan gelar FORWOT Car of the Year lebih seru. Ini terlihat dengan hadirnya satu mobil ramah lingkungan berbasis listrik yang masuk dalam tahap lima besar. Ini membuktikan obyektivitas para juri dalam menilai mobil terbaik dan sarat dengan teknologi terkini.

“Di sisi lain, hasil ini memperlihatkan bahwa setiap pabrikan semakin terpacu untuk menghadirkan mobil yang berkualitas dan terbaik ke konsumen Indonesia,” ucapnya.

Perlu diketahui, dikutip dari merdeka.com, penjurian FORWOT Car of The Year 2017 melalui tiga tahap:

1. Menjaring 32 model baru yang meluncur dari periode Agustus 2016 – Juli 2017;
2. Panel juri memilih dan menghasilkan lima finalis;
3. Voting terhadap lima finalis. Tiap juri akan diberikan 25 poin yang didistribusikan pada lima finalis.

FORWOT Car of The Year mengacu pada ‘Car of the Year’ dari Car of the Year Committe atau www.caroftheyear.org yang dipakai untuk pemilihan mobil terbaik di Eropa. Namun, tentu saja disesuaikan dengan kondisi pasar otomotif Indonesia.

“Kami menjamin, penjurian FORWOT Car of The Year 2017 dilakukan secara jujur, adil, dan independen tanpa ada pengaruh dari pihak-pihak tertentu. Kami ucapkan selamat pada pemenang dan berharap hasil ini bisa menjadi motivasi bagi para Agen Pemegang Merek (APM) untuk terus melakukan inovasi dan memberikan produk terbaik ke konsumen. Tak lupa kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pertamina Lubricants, Garda Oto, dan Pertamia yang mendukung terlaksananya kegiatan ini,” ujar Ekawan Raharja, Ketua Dewan Juri.

Adapun para pemenang FORWOT Car of The Year dalam lima tahun terakhir adalah Mitsubishi Pajero Sport (2016), Honda HR-V (2015), Honda Jazz (2014), KIA Carens (2014), dan Honda Brio (2012).(yaya)

Comments are closed.