NASIONAL

Wapres JK: Harus Ada Penyesuaian Harga Tiket Agar Maskapai Tak Bangkrut

fokusmedan : Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) angkat suara terkait harga tiket pesawat yang akhir-akhir ini dikeluhkan terlalu mahal oleh masyarakat.

JK menyebut bahwa wajar jika maskapai melakukan penyesuaian tarif. Sebab sebagian besar pengeluaran mereka dalam bentuk Dolar atau USD.

“Tapi harus begini, tarif itu memang sudah dinikmati oleh konsumen tapi kita juga mengetahui (bayar tiket) dengan Rupiah. Karena mereka (maskapai) itu membayar Dolar. Beli pesawat dengan Dolar, beli avtur dengan Dolar, tapi tarifnya Rupiah, mau tidak mau harus ada penyesuaian-penyesuaian secara bertahap,” kata Wapres JK saat ditemui di Grand Sahid Jaya, Jakata (14/1).

Jika tidak ada penyesuaian, dikutip dari merdeka.com, Wapres JK menilai bukan tidak mungkin akan ada perusahaan maskapai yang bangkrut. “Karena kalau tidak, bisa saja kita nikmati hari ini begitu banyak pesawat terbang. Tapi kita tahu juga berapa pengusaha yang bangkrut dan berhenti,” ujarnya.

Jika banyak maskapai yang bangkrut, otomatis tarif pesawat akan menjadi jauh lebih mahal lagi.

“Kalau nanti (banyak maskapai) yang berhenti gimana? tarif akan semakin tinggi lagi. Kalau monopoli, hati-hati juga. Kita harus mempertimbangkan itu, unsur kepentingan konsumen dan unsur kepentingan perusahaan,” tutupnya.(yaya)