Sen. Des 9th, 2019

Warga sekitar TPU bubarkan massa aksi tolak jasad pelaku bom bunuh diri

fokusmedan : Warga sekitar Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sei Sikambing mendatangi kelompok massa yang melakukan aksi unjuk rasa menolak dimakamkannya jasad Rabbial Muslim Nasution, pelaku bom bunuh diri.

Pantauan fokusmedan.com, belasan warga sekitar tampak berusaha membubarkan aksi yang dilakukan sekelompok orang tersebut.

Akibatnya, sempat terjadi perdebatan antara warga dan massa aksi. Selanjutnya, massa aksi tampak kelabakan karena diprotes warga, kemudian memilih untuk membubarkan diri.

Salah satu warga sekitar TPU bernama Amin Tanjung memprotes sikap massa aksi yang menolak jenazah pelaku bom bunuh diri. Ia menjelaskan, hal itu sangat bertentangan dengan agama.

“Insha Allah kami menerima semua di sini,” katanya.

Warga sekitar TPU sama sekali tidak ada yang menolak, lanjutnya, bahkan akan membantu proses pengurusan jenazah jika nantinya tiba.

“Untuk dosa urusan dia (terduga pelaku).Tapi Fardhu kifayah wajib kita lakukan selaku umat muslim. Sedangkan mayat. Mr x pun kita terima di sini. Kalau mau bukti kalian bisa saya tunjukkan, ada kuburan tanpa nama. Secara syariat Islam itu wajib,” tegasnya di depan massa aksi.

Sementara itu, Dede Harvi Syahari dari Garuda Merah Putih Community Sumut mengaku punya hak untuk menolak pemakaman pelaku teror bom.

“Kami juga punya hak untuk menolak pelaku teror bom dikuburkan,” tandasnya.(riz)