EKONOMI & BISNIS

WNI Tak Perlu Takut Ancaman Perbankan Singapura

menkeu-minta-wni-tak-perlu-takut-ancaman-perbankan-singapura

fokusmedan : Pemerintah meminta masyarakat tak perlu khawatir untuk mengikuti program pengampunan pajak atau tax amnesty. Imbauan ini terlebih ditujukan kepada Warga Negara Indonesia (WNI) yang menyimpan dananya di Singapura.

Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta Wajib Pajak (WP) tidak takut terkait wacana investigasi kepolisian Singapura lantaran adanya potensi pencucian uang.

“Tidak mungkin pemerintah Indonesia menghubungi WN untuk melakukan tindakan ilegal di negara lain. Jadi itu alasan yang sama sekali tidak perlu ditakutkan. Kalau ada pengusaha atau masyarakat Indonesia mengatakan mereka beralasan takut, menurut saya itu alasan yang tidak benar,” ujar Sri Mulyani di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Jumat, dilansir merdeka.com.

Menkeu Sri Mulyani telah melakukan klarifikasi ke pemerintah Singapura. Hasilnya, pemerintah Singapura sendiri menyatakan jika mendukung program tax amnesty yang dilakukan pemerintah Indonesia.

“Karena ini adalah berita yang sangat serius saya mengecek langsung kepada pemerintah Singapura. Saya berhubungan dengan Deputi PM Singapura Tharman Shanmugaratnam, dia kemudian mengecek kepada monetary authority of Singapore dan menyampaikan statemen yang telah saya sampaikan kemarin,” katanya.

Dia mengatakan, perbankan swasta Singapura memang diwajibkan untuk menyampaikan laporan jika terdapat aliran dana yang mencurigakan. Ketentuan ini juga wajib dilakukan hampir semua bank.

“Bahwa bank-bank tersebut harus melaporkan transaksi itu, itu adalah kewajiban yang memang harus dilakukan oleh perbankan sama seperti bank-bank di Indonesia. Dalam rangka tax amnesty ditegaskan WNI yang memiliki account di Singapura dan mau mengikuti tax amnesty tidak termasuk dalam transaksi yang dicurigai dalam rangka money laundrying, karena memang ada UU-nya di sini (Indonesia) dan bahkan kami sosialisasi dan menghubungi secara aktif kepada seluruh WNI,” pungkas Sri Mulyani.(yaya)