EVENT

World Dance Day di Solo, 3 orang bakal menari 24 jam nonstop

fokusmedan : Sebanyak 188 penari dan 4.760 seniman akan menggelar pentas tari selama 24 jam. Pertunjukan akbar tersebut digelar dalam rangka Hari Tari Dunia (World Dance Day) 2017. Yang istimewa, tiga orang di antaranya bakal menari 24 jam nonstop.

Acara yang dihelat Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta itu akan dimulai Sabtu (29/4) mulai pukul 06.00 WIB. Lima panggung disiapkan untuk menyajikan tarian, yakni di Pendapa, Teater Kapal, Teater Besar, Teater Kecil dan area parkir.

“Ini merupakan yang ke-11 kalinya ISI Surakarta mengadakan acara peringatan Hari Tari Sedunia. Kami mengambil tema ‘Merayakan Migrasi Tubuh’,” ujar Ketua panitia, Wahyudiarto, Kamis (27/4).

Tema tersebut, Wahyudiarto menjelaskan, mengandung makna bahwa ‘Tubuh’ adalah sesuatu yang estetis. Berangkat dari tubuh, penari bisa menyampaikan pesannya. Sedangkan ‘Migrasi’ artinya penari terus bergerak dari tempat ke tempat, waktu ke waktu, bahkan dari negara ke negara menyampaikan pesan nilai moral.

“Ada puluhan kelompok yang secara bergantian akan menari selama 24 jam. Kami juga menyiapkan 3 orang penari untuk menari 24 jam nonstop,” jelasnya.

Dikutip dari merdeka.com, Rektor ISI Surakarta, Prof Dr Sri Rochana menambahkan, kegiatan World Dance Day merupakan wadah untuk mengimplementasikan ilmu seni. Bukan hanya untuk mahasiswa seni tari, tetapi juga untuk mahasiswa seni musik, dalang dan seni rupa.

“Kegiatan ini merupakan upaya untuk merawat seni tari sekaligus kearifan lokal, keberagaman dan Kebhinekaan. Kalau seni itu tumbuh berkembang di daerah, maka akan mencapai ketahanan budaya dan akan berdampak pada ketahanan nasional,” tutur Rochana.(yaya)