EVENT

YAHM Lakukan Aksi Penghijauan Sampai ke Papua

ahm

fokusmedan : Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) melakukan penandatanganan kerjasama dengan SMKN 4 Jayapura Papua untuk melakukan aksi penghijauan melalui pengembangan laboratorium kultur jaringan sekolah.

Melalui kegiatan ini, dihasilkan bibit-bibit tanaman untuk menghijaukan kawasan timur Indonesia. Penandatangan kerjasama Kultur Jaringan turut dihadiri Kepala Bidang SMA/SMK Dinas Pendidikan Kota Jayapura Nur Hadi di SMKN 4 Jayapura, Papua, Sabtu (10/12) lalu.

Pengembangan laboratorium penghijauan di wilayah timur Indonesia turut didukung Astra Motor Jayapura sebagai main dealer sepeda motor Honda area Papua.

Kultur Jaringan merupakan metode pengisolasian bagian tanaman agar bisa memperbanyak diri menjadi tanaman lengkap.

YAHM bersama SMKN 4 Jayapura mengembangkan kultur jaringan untuk beberapa jenis tanaman, seperti akasia, sengon, gaharu, jati, anggrek hitam, gramatophylum, anggrek papua, jeruk jepang, kantong semar, pucuk merah, pisang, buah naga, nilam, dan krisan. Bibit tanaman yang dihasilkan dapat diutilisasi untuk program penanaman pohon maupun reboisasi di Papua.

Ketua YAHM I Putu Astawa menyampaikan bahwa YAHM bersama Honda telah berhasil dalam mengembangkan laboratorium kultur jaringan di lingkungan perusahaan.

“Bibit yang dihasilkan juga telah dimanfaatkan dalam program penghjiauan di berbagai lokasi. Berangkat dari sini, kami ingin mentransfer pengetahuan ini kepada masyarakat melalui dunia pendidikan, sehingga lebih banyak pihak yang merasakan manfaat kultur jaringan ini,” ujar Putu Astawa dalam rilis kepada fokusmedan.com, Rabu pagi.

Sementara itu Leo Wijaya, Direktur Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumut mengungkapkan pihaknya sangat mendukung upaya Honda dalam upaya melakukan aksi penghijauan melalui pengembangan laboratorium kultur jaringan sekolah.

“Melalui kerjasama pengembangan kultur jaringan bersama dunia pendidikan merupakan upaya  alih teknologi penghijauan ke sekolah dengan menghasilkan bibit-bibit tanaman yang bermanfaat untuk bumi yang lebih hijau di masa mendatang,” ujar Leo Wijaya.

Kerjasama dengan SMKN 4 Jayapura ini melengkapi kerjasama dengan 5 sekolah lainnya sepanjang 2016.  Sekolah tersebut adalah SMKN 9 Samarinda yang bekerjasama dengan main dealer Semoga Jaya, SMKN 7 Palangkaraya yang bekerjasama dengan main dealer Trio Motor, SMKN 1 Soe yang bekerjsama dengan main dealer PT Mitra Pinasthika Mulia, SMKN 3 Tidore yang bekerjasama dengan main dealer Daya Adicipta Wisesa, dan SMK Kehutanan Makassar yang bekerjasama dengan main dealer Astra Motor Makassar.(yaya)